Kemahasiswaan

Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB Kunjungi DPRD Babel

 Jumat, 15 Desember 2017 17:16 WIB

Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB Kunjungi DPRD Babel

Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB berfoto bersama Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel Didit Srigusjaya di Kantor DPRD Babel, Rabu (12/12). (Istimewa/Rizki Hambali)

Pangkalpinang (Antara Babel) -  Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB) mengunjungi DPRD Provinsi Kepulauan Babel untuk memperkaya khasanah keilmuan. 

Keterangan tertulis yang diterima di Pangkalpinang, Jumat (15/12), menyebutkan, dalam lawatannya pada Rabu (12/12) itu jurusan yang masih tergolong baru ini langsung diterima Ketua DPRD Prov Kepulauan Babel, Didit Srigusjaya. 

Didit sendiri mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB dalam memperkaya khasanah keilmuan, apalagi ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan akan semakin mumpuni jika diaplikasikan langsung di lapangan. 

"Khususnya Jurusan Ilmu Politik, sejatinya inilah tempat adik-adik mahasiswa semua," katanya.
 
Dalam kuliah lapangan ini mahasiswa Jurusan Ilmu Politik langsung dibimbing Ketua Jurusan yang sekaligus bertindak sebagai salah satu dosen pengampu pada mata kuliah Sosiologi Politik, Novendra Hidayat, SIP, MSi. 

Novendra menyampaikan tujuan pelaksanaan kuliah lapangan ini disamping memperkaya khasanah keilmuan juga secara khusus melihat bagaimana realita di lapangan terkait proses sosialisasi, partisipasi, dan komunikasi politik yang dibangun oleh lembaga politik dalam hal ini DPRD Provinsi Keupualan Babel yang merupakan representasi masyarakat Bangka Belitung. 

"Hari ini kita sama-sama melihat dan menyaksikan politik kian dinamis. Masyarakat rindu kehadiran pemimpin politik yang dekat dan mampu selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Novendra mengatakan, berbagai media sosialisasi sekarang terus berkembang seiring perkembangan zaman yang bergerak maju menembus ruang dan waktu. 

"Kehadiran medsos kian menjamur. Ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan tersendiri bagi para wakil rakyat untuk bisa mendekatkan atau malah sebaliknya," katanya.

Menurut dia, penting bagi segenap elemen bangsa untuk terus bersinergi dalam rangka membangun politik dan demokrasi yang berperadaban di berbagai belahan dunia.

"Apalagi dengan keberadaan Jurusan Ilmu Politik FISIP UBB ini, harapannya dapat berkontribusi terhadap pembangunan demokrasi di Negeri Serumpun Sebalai pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata dia.
 
Dini Aulia, salah seorang mahasiswa menyoroti tugas pokok dan fungsi yang mesti dijalankan seorang legislator. 

"Harapannya fungsi legislasi, kontrol, dan penganggaran dapat dijalankan secara efektif dan efisien," ujarnya. 

https://babel.antaranews.com/berita/68720/jurusan-ilmu-politik-fisip-ubb...

 

Jurusan Ilmu Politik UBB Launching Komunitas E-partisipasi Ilmu Politik (KETIK)

Selasa, 27 Februari 2018 17:19

 

Putrie Agusti Saleha

Launching KETIK UBB 

Jurusan Ilmu Politik UBB Launching Komunitas E-partisipasi Ilmu Politik (KETIK)

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Sebanyak 102 mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (UBB) menghadiri acara launching "Komunitas E-partisipasi Ilmu Politik (KETIK) selasa (27/02/2018) siang.

Acara yang diselenggarakan di ruang pertemuan Puri 56 ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari panwaslu daerah di Bangka Belitung.

"Hari ini untuk launching KETIK ini akan dihadiri dan diisi oleh perwakilan dari Banwaslu Provinsi, KPU Pangkalpinang, KPU Kabupaten Bangka dan KPU Kabupaten Belitung, jajaran pengawas pemilu dan perwakilan kepolisian," ujar Dekan FISIP UBB, Ibrahim.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa komunitas ini merupakan inisiasi dari mahasiswa dan para dosen jurusan ilmu politik UBB.

KETIK UBB adalah komunitas epistemik yang fokus pada partisipasi secara elektronik dengan titik tekan pada pengawasan, assesment, dan edukasi atas perkembangan situasi di media sosial selama pilkada serentak 2018 di Provinsi Bangka Belitung.

"Kami berharap ini dapat efektif untuk pilkada serentak 2018. Ada tiga sosial media yang akan kami monitori selama kurang lebih 3 bulan ini seperti facebook, instagram, dan twitter dan akan kami buat laporan setiap bulannya. Komunitas ini juga diharapkan akan menjadi media edukasi kepada masyarakat kita," imbuhnya. 

http://bangka.tribunnews.com/2018/02/27/jurusan-ilmu-politik-ubb-launchi...