Visi, Misi dan Tujuan

- Visi Program Studi Ilmu Politik merentang dalam kurun waktu Tahun 2015 sampai Tahun 2035 yakni:

Terwujudnya program studi ilmu politik sebagai program studi unggulan, berreputasi internasional yang mengedepankan nilai-nilai moral, mental, dan intelektual dengan berbasis pada kemampuan riset dan analisis, baik teoritis maupun praktis pada tahun 2035.

Misi Program Studi Ilmu Politik tahun 2015 – 2035 :

Dalam visi yang digariskan tersebut, terdapat 3 (Tiga) misi yang terkandung di dalamnya, yaitu:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dan mampu menghasilkan lulusan sarjana politik yang bermoral, serta berintegritas tinggi dalam menjawab berbagai tantangan perubahan, baik lokal maupun global.
  2. Menciptakan iklim intelektual yang bermental progresif, humanis, aktif, kritis, dan terbuka terhadap berbagai peluang maupun hal-hal baru.

Mendorong dan mengembangkan kajian penelitian ilmiah serta pengabdian dalam berbagai aktivitas politik yang berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal dan pembangunan berkelanjutan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

- Tujuan Program Studi Ilmu Politik tahun 2015 – 2035 :

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, maka tujuan yang hendak dicapai oleh Program Studi Ilmu Politik, adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu Politik yang memiliki kapasitas akademik, berwawasan luas, melalui keunggulan keilmuan yang mampu menjawab tantangan lokal maupun global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang aktif dan partisipatif, sekaligus mampu meningkatkan kapasitas intelektual yang unggul dan memiliki kinerja profesionalitas dalam spektrum yang lebih luas sejalan dengan bidang ilmu.

Menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam melakukan analisis atas berbagai dinamika persoalan sosial politik yang ada di masyarakat, dan memiliki keahlian merefleksikan potensi dan peluang atas perkembangan politik di aras lokal, nasional, dan internasional.